Monday, February 25, 2013

Insider Trading


Sebelumnya saya mau bertanya kepada pembaca semua, sudah pernah mendengarkah istilah ini sebelumnya? Kalo saya sendiri baru mengenal kata ini beberapa hari yang lalu saat iseng dan gak adakerjaan saya baca lewat suatu berita di salah satu media online.

Berita itu kurang lebih mengatakan bahwa salah satu orang terkaya di dunia Warren Buffett melakukan pembelian saham atas satu perusahaan besar internasional. Namun diisukan bahwa transaksi tersebut melibatkan unsur insider trading. Oleh sebab itu, terpikir oleh saya untuk menulis sedikit tentang insider trading tersebut.

Menurut beberapa sumber, pengertian insider trading yaitu :
Insider trading adalah sebutan bagi perdagangan saham atau sekuritas (contohnya obligasiperusahaan oleh orang-orang dalam perusahaan tersebut. Dalam beberapa yurisdiksi, insider tradingbisa dilakukan dan sah menurut hukum, namun istilah ini umumnya merujuk kepada kegiatan ilegal di lingkungan pasar finansial untuk mencari keuntungan yang biasanya dilakukan dengan cara memanfanfaatkan informasi internal, misalnya rencana-rencana atau keputusan-keputusan perusahaan yang belum dipublikasikan. (wikipedia)
Sedangkan penjelasan lebih lanjut mengenai insider trading menurut investopedia yaitu :
Insider trading can be illegal or legal depending on when the insider makes the trade: it is illegal when the material information is still nonpublic--trading while having special knowledge is unfair to other investors who don't have access to such knowledge. Illegal insider trading therefore includes tipping others when you have any sort of nonpublic information. Directors are not the only ones who have the potential to be convicted of insider trading. People such as brokers and even family members can be guilty.
Insider trading is legal once the material information has been made public, at which time the insider has no direct advantage over other investors. The SEC, however, still requires all insiders to report all their transactions. So, as insiders have an insight into the workings of their company, it may be wise for an investor to look at these reports to see how insiders are legally trading their stock.
Jadi secara hukum, insider trading itu bisa legal atau ilegal tergantung dari kondisi transaksinya. Jika transaksinya terdapat informasi yang material dan masih non-publik maka insider trading tersebut ilegal atau dilarang, karena bisa dikatakan transaksi tersebut tidak fair. Sedangkan jika transaksinya melibatkan informasi material yang sudah bersifat publik walaupun itu adalah insider trading tapi tetap diperbolehkan atau legal.

 

0 comments:

Post a Comment